Kamis, 28 Maret 2013

Cara Mengatasi Komputer Overheat / Kepanasan


 Halo Sobat Yuira
            Sering kali komputer anda merasa kepanasan. padahal fan di dalam cpu sudah cukup banyak, mengapa?? hal itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor.. mari kita bahas satu per satu


1. Kotornya CPU
         Debu yang menumpuk bukan merupakan masalah kecil bagi sebuah komputer. Debu itu dapat memperlambat putaran fan dan menyebabkan proses pendinginan kurang efektif dan dapat mengakibatkan kepanasan.

Saran : Bersihkan komputer anda minimal 2-3 bulan sekali, alangkah baiknya satu bulan sekali. Bersihkan komputer anda dengan hati hati, hilangkan debu yang mengendap di fan, dan debu yang berserakan di casing komputer anda. Alangkah baiknya jika komputer anda berada di ruangan tertutup dan ber AC. Dengan demikian komputer anda tidak akan berdebu.

2. Posisi Fan Casing
         Fan Casing jika menurut saya lebih baik di arahkan keluar semua [ mengeluarkan udara panas dari dalam keluar ] . Karena jika fan casing diarahkan kedalam, itu akan mempercepat kotornya komputer anda, karena fan casing yang mengarah ke dalam akan menyedot udara dingin dari luar CPU bersama debu, dan masuk ke dalam casing kalian, hal itu menyebabkan cepatnya tumpukan debu yang berada di dalam casing komputer anda.

3. Heatsink
         Heatsink adalah alumunium yang berada di bawah fan procesor dan fan VGA, berfungsi menghantarkan panas procesor ke heatsink, kemudian heatsink didinginkan oleh fan. Jika heatsink anda jelek, maka procesor atau VGA anda akan mengalami kepanasan yang luar biasa. 

BILA POSTING INI BERMANFAAT TOLONG BERIKAN G+1 DAN ADMIN AKAN SANGAT BERTERIMA KASIH.
  
APA ITU G+1 ??? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar